Kenapa Islam?

Banyak dari kita kaum muslim ketika ditanya “kenapa memilih islam sebagai agamanya?”, kebanyakan dari kita menjawab “karena dari sononya uda gitu. ikut agama orangtua aja”. Nah justru ini yang membahayakan, karena kaum muslim akhirnya tak punya landasan kuat menjadikan islam sebagai agamanya.

Agama cuma sebatas ceremonial, belum masuk spiritual. Inilah penyebab akhirnya banyak kaum Muslim yang hanya “membebek” tanpa tahu identitas aslinya sebagai seorang Muslim.

Allah sudah membekali kita umat Muslim dengan “Manual Instructions” berupa kitab suci Al Qur’an. Tapi ironis karena kenyataannya dalam kehidupan sehari-hari “Manual Instructions” yang begitu kompleksnya ini malah ditinggalkan oleh umatnya. Tak hanya urusan sholat, puasa, zakat dan haji. Namun, segala aspek telah diatur secara kompleks dalam Al Qur’an. Mulai dari urusan politik, ekonomi, pemerintahan, keluarga, keturunan, hukuman, perdangangan, sampai hubungan antara manusia dengan manusia dan hubungan manusia dengan Sang Pencipta. Adakah dalam kitab lain yang mengatur sebegitu kompleksnya seperti Al Qur’an?

Islam adalah agama yang mengajak manusia untuk berpikir. Jangan hanya jadikan islam sebagai agama turunan. Namun, jadikan Islam sebagai agama pilihan. Ketika manusia sudah baligh, dimana sudah memiliki kemampuan dalam berpikir secara kompleks, maka sudah seharusnya kita menggunakan akal kita ini.

Jangan sampai kita mengaku muslim, tapi tak tahu apa itu islam. Oleh karena itu, mari kita bersama-sama berpikir untuk menemukan jawaban dari pertanyaan “Kenapa Islam?”

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s